Minggu, 05 September 2010

Kebahagiaan

Apa itu kehidupan? Apa itu hidup? Apa konsekuensi ketika kita hidup? Apa hal yang sewajarnya muncul ketika kita hidup? Apa yang membuat kita begitu menikmati hidup, dan sebaliknya begitu membenci hidup?

Seorang sahabat pernah mempertanyakan sebuah pertanyaan simpel, tetapi dalam. Dia menanyakan, “apa yang membuat kita bahagia?”

Waktu itu aku terdiam, karena aku pun bingung menjawabnya. Jujur, begitu banyak kita berusaha dengan tujuan kebahagiaan.. Namun jarang kita berpikir bahwa usaha yang kita lakukan untuk memperoleh kebahagiaan tidak konsisten dengan tujuan kebahagiaan sebenarnya?

Kadang memang kita perlu berpikir, apa sebenarnya kunci kebahagiaan. Tak mengetahui kunci kebahagiaan sementara berjalan menuju kebahagiaan seperti orang buta berjalan dengan mengikuti intuisi yang tak pasti. Padahal dengan sedikit usaha pada tangan, kita mampu melepaskan ikatan pada kepala yang menutupi mata. Dan akhirnya berhasil melihat jalan.

Seorang milyarder dengan harta bertumpuk begitu bahagia dengan sederet real estate yang dimilikinya, berbeda dengan kebahagiaan pada sesuap nasi orang miskin yang tak memiliki apa-apa. Sama-sama bahagia, namun apa yang membedakannya? Benarkah seorang milyarder itu lebih bahagia daripada seorang miskin?

Aku berkaca pada cermin ajaib. Inginku bertanya, “Siapa orang paling bahagia di dunia ini cermin?” Jika cermin tersebut bisa menjawab, mungkin dia akan berkata, “yang pasti bukan kamu..”

Semua orang punya masalah. Setiap manusia dilahirkan dengan masalah. Apa yang membedakan manusia satu dengan manusia lain dalam hal masalah? Tentunya, seberapa lebar senyumnya saat menghadapi masalah. Cuma itu yang membedakan mereka.

Allah tidak akan memberikan sebuah cobaan kecuali atas dasar kemampuan yang dimiliki seseorang. Allah juga ga akan lepas tanggung jawab gitu aja. Dia akan tanggung jawab.

Sekarang bukan waktunya mengeluh, sekarang waktunya kamu berusaha sekuat mungkin atas semua kesempatan yang datang padamu. Tak kan ada pertolngan, tanpa usaha dan doa yang kau lakukan.

SEMANGAT!!!

1 komentar: