Senin, 10 Januari 2011

9 Keajaiban Gitaris

Banyak orang kagum ama gitaris-gitaris handal. Beberapa mereka juga mengimpikan bisa main bareng ama mereka, hahaha, wajarlah. Nah nie buat kalian, 9 keajaiban gitaris versi aku sendiri. Silakan dinikmati.


1. Paul Gilbert

Nada-nada yang sulit dimainin gara-gara posisi jarinya kebalik-balik. Ditambahin suara gitar yang heavy metal dengan penuh chorus emang manis didenger, lagu-lagunya di Mr. Big yang banyak bertemakan cinta jadi karakter yang melekat pas dengannya. Kadang-kadang permainan akustiknya juga menawan. Paul gilbert pinter banget milih nada. Dia ga cuma pinter memposisikan diri dalam memasuki tatanan nada dalam lagu, tetapi juga sangat mempertimbangkan gimana kalo orang denger. TOP CER!! Coba dengerin permainannya di addicted to that rush, nothing but love, atau wild world.

2. Yngwie malmsteen

Yngwie terkenal sebagai gitaris neoklasikal dengan kecepatan turbo. Kombinasi nada klasikal dengan paduan dobel pedal di bandnya kayak balap-balapan. Coba denger permainannya di rissing force, bisa kelelep tuh orang mainin. Permainan di 3 senar paling bawah di fret 1 ampe fret 12 bolak-balik ampe gila, dilanjutin ama arpeggio sweep dari fret awal ampe fret 13 dengan kecepatan super. Mantaplah. Justru kecepatannya makin keliatan di lagunya yang temponya rendah. Soalnya di tiap ketukan mesti diisi ama sekuen dari atas ampe bawah atau bawah ke atas yang super deper cepet. Pernah mainin leadnya rissing force buat selingan, tapi ancur lebur ga karuan nadanya, hahaha, orang2 si pada liat hebat, tapi sebenernya kacau balau, wakakakak...


3. Steve Vai

Siapa yang ga kenal nie dewa gitar? Permainan dengan nada-nada yang rada aneh bin ngebingungin. Lebih tepatnya ga lazim. Nada-nada yang dibuat ngebawa kita ke alam yang misterius dan imajinatif banget. Mungkin kadang rada-rada gimana gitu. Pernah baca juga sih, dia kalo buat lagu mesti puasa dulu. Kayaknya biar dapetin feelnya gitu deh. Keren yak! Mungkin kalo bulan puasa lagu2 yang dibuat banyak tuh. Wkwkwkwk. Aku ga terlalu tau banyak tentang gitaris murid Joe Satriani ini. Lagu yang pernah aku dengerin cuma “For the Love of God”.

Oya, masalah sound gitarnya itu juga aneh. Secara teori model suaranya itu heavy metal yang panjang banget. Mungkin gainnya pol kali ya, Cuma nadanya itu bulet. Bener2 jelas mana do mana re mana si, mantap banget. 5 jempol tambah jempol orang buat nie gitaris. Kalo mau denegrin lagunya yang ga solo coba dengerin lagu-lagunya di band Whitesnake.


4. Marty Friedman

Gitaris ini pernah dikenal dengan gitaris yang paling memperhatikan pemilihan nada di tiap lagunya. Aku belum pernah denger dia main ama band, mungkin akunya aja yang ketinggalan. Eh, baru inget, dia pernah main di Megadeth (band cadas lawas era majapahit). Cuma emang dia sering dikenal di album-album solonya. Salah satu album yang pernah nyita kupingku tuh yang namanya “Music for Speeding”. Di album ini emang keliatan banget dia pinter milih nada, kombinasi nada, tapi ga ngilangin aroma yang pingin dia bawain. Keren beud beud.


5. Vitto Brata

Nah, ini nih salah satu gitaris favoritku. Vito Brata itu seorang gitaris yang mumpuni dalam hal ‘fretting’. Kebanyakan lagu-lagunya emang make fretting. Cuma ga kayak van hallen. Fretting yang dia pake tuh manis banget, nada-nadanya tuh lentur nan uuuuwh banget dah. Dia maen di band ‘white lion’.lagu You’re all I need, Love don’t come easy, ama farewell to you tuh manis banget. Kadang-kadang kalo dengerin bisa nangis nie. Lagu kenangan yang bikin aku betah banget setia ama band ini. Mungkin satu-satunya yang menodai kesukaanku ma band ini itu Cuma gara-gara vokalisnya si Mike Tramp nikah ama Ayu Azhari, hahaha. Rada-rada ilfil gitu deh.

6. Slash

Guns n’ Roses membesarkan namanya. Walaupun banyak yang bilang permainannya ga mutu, ya kita ga bisa ngelak kalo dia emang terkenal dan banyak fansnya. Ya to? Hhehe, aku juga ga terlalu suka sih dan ga bisa banyak muji permainannya, emang Cuma main diatonic blues doank. Kagak pernah maen sweeping apalagi sekuens speed. Cuma mau ga mau kita mesti bilang Bandnya gede juga gara2 dia. Suara gitarnya juga ga terlalu bagus, heavy metal ga ketulungan. Gampang banget maen pake suara model gitu, salah mencet juga ga bakal kedengeran banget, hahaha

Pemilihan nadanya si bagus. Coba aj dengerin melodinya di ‘November Rain’. Lumayanlah buat nie gitaris. Buat cewe-cewe yang ga suka rock yang rumit2 bisa buat naklukin hati mereka, hahaha

7. Brian May

Brian May bukan gitaris rock. Denger aja suara gitarnya yang lembut banget. Tapi pemilihan nadanya bagus. Tau kan? Nie orang otaknya lagu-lagunya Queen. Coba dengerin melodinya di We are the Champion atau Bicycle. Pernah baca artikel tentang dia, gitarnya itu lawas banget. Model epiphone atau gibson gitulah, gtw juga namanya apa. Nah hebatnya, suara gitarnya yang rada-rada lengket tapi bulet banget itu bukan berasal dari gitarnya, tapi berasal dari permainannya. Makanya kalo antum-antum semua mau dapetin suara kayak dia, jangan pernah beli gitarnya, bakalan kecewa berat. Wkwkwk.

8. Nuno Bettencourt

Nuno bettencourt banyak dikenal dikalangan funk rock fanatis. Dia juga dikenal besar dari lagunya yang more than words. Kalo aku si kagumnya ama yang, mmm... lupa judul lagunya apa, hahaha, ya pokonya coba aja dengerin satu2 lagunya extreme di pornografitti. Dijamin teler deh, apalagi maininnya. Gile banget. Dia bisa mainin sekuen kebalik dengan kecepatan super di suara gitar yang lengket banget. Mantaplah. Dia nie gitaris terakhir yang aku anggap ajaib. Buat funker sejati, coba dengerin permainannya. Mantap!

9. John petrucci

Entah kenapa kalo ditanya gitaris, John petrucci langsung muncul di kepala. Permainannya aduhai bero, rumit. Kata orang sih dia latihan sehari ampe 8 jam. Ga kebayang urat-urat jarinya ampe udah hapal ama bau gitarnya kali ya. Bayangin aja, 8 jam sehari latihan cing. Kalo di kuliah kan udah ampe ber–sks-sks tuh.

Banyak orang mengenalnya dari Bandnya, Dream Theatre. Ya emang dia besar dari band itu sih. Kata orang alirannya rock progressive. Kalo menurut gw kayak campuran antara jazz ama rock. Suara gitarnya juga rada mirip suara gitar jazz yang dikasih distorsi dikit, pake delay dikit dan frekuensi high yang rada tinggi. Pernah gw cobain pake efek boss GT 6, jadi suara gitar gw disetel pake efek jazz dan dicampur ama distorsi overdrive. Cucok tenan ik. Kerenlah.

John petrucci belum pernah mengeluarkan album solo (setau gw) seperti gitaris hebat lain. Mungkin karena solo gitarnya udah sangat mbulet di albumnya bersama dream theatre. Kalo dia harus ngeluarin album solo, bisa meleleh otaknya, hahaha, tapi teteplah, menurutku John petrucci The Best!

Lagu-lagu yang gw saranin mesti kalian dengerin: Another day, take the time, overture (album six degrees inner turbulance), atau spirit carries on. Kalo belum puas, coba liat konsernya di Tokyo ama New York. Pasti langsung NGILER!

14 komentar:

  1. Tambahin steve vai, joe satriani, eric clapton, jim hendrix sama balawan juga dong nov.

    BalasHapus
  2. hehehe, oks ran, on progress, steve vai dah tak tulis tuh..

    BalasHapus
  3. cih..tetap nuno yang nomer satu dihatiku.
    No 2.John 5
    No 3.Steve Morse
    No 4.M.Angelo Batio
    No 5.Neil Zaza
    No 6.Marty Friedman
    No 7.Vit Alian
    No 8.S.Ray Vaughan
    No 9.Vito Brata

    hahahaha

    BalasHapus
  4. jeleknya vito brata di bawahmu, tambah cih! wwkwkwk

    BalasHapus
  5. thank u sha, hahaha

    BalasHapus
  6. 1. Jasson Becker, Liwat tuh yg atas
    2. Batio, Bntuk gitarnya aj Naga Geni 212
    3.Buckethead
    .
    .
    .
    .
    10. Antonio Banderas

    BalasHapus
  7. pertanyaannya... kenapa hampir semua gitaris gondrong????

    mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  8. hahaha, gtw juga bed, menurut penerawanganku si kayaknya mereka mengidolakan musikus zaman dulu kayak johan sebastian bach, mozart, atau beethoveen yang notabene rambutnya model kriting gondrong gitu... jadinya gitaris-gitaris itu ikut2 gondrong, tapi kalo musikus zaman dulu modelnya kayak tukul arwana ya mereka bakal ikut juga, hahaha

    BalasHapus
  9. halah gag usah coment macem2 bro..
    lu biang slash gtu2 ajja mainya..?
    coba klo emang lu ngrasa nyepelein dya.
    lu mainin lagu gnr yg judul nya garden of eden, klo lu bisa brartii lu stara sama dya....
    smua gitaris pnya scale masing2. jdi gag usah sok nilai org lain...

    (kalimat f*&^ gua apus (pemilik blog))

    BalasHapus
  10. Wah ga usah pake f*&# gitu deh, oke tar ane maenin... nyantai aja kali, nie blog gua juga terserah gua dunk mau nulis apa

    BalasHapus
  11. buat ari bagol petrucci yang saya sendiri ga tau siapa, yang bilang permainan slash begitu bukan cuma saya kali, banyak orang, tapi begitu pun saya tetep menghormati dia sebagai salah satu dari 9 gitaris ajaib yang saya temui, ga seperti anda yang ga menghargai blog orang pake ngomong kata2 F*^#

    BalasHapus
  12. paman joe satriani kok nda ada ya Hehehe :D

    BalasHapus
  13. Nanti bisa ditambahkan Pak, hehehe

    BalasHapus