Kamis, 24 Februari 2011

Teruskan NYALAMU!!



Sambil nungguin Pak Irfan, di lorong fotocopy BPFE, mau konsultasi skripsi. Acara semalem ninggalin kelegaan buatku. Sebabnya, finally I feel I’m not alone. Beberapa temen seasrama juga merasakan hal yang sama. Hampir kebanyakan anak2 asrama ‘terancam’ sedikit lama lulusnya.

Entah temen2 berpikir apa. Tapi buatku itu bukan sebuah musibah. Anak2 asrama emang ‘wajar’ telat lulus, walaupun seharusnya tidak menjadi excuse. Kita punya kelebihan dibanding orang lain ko, seenggaknya kita punya kemampuan beladiri minimal sabuk biru (haghaghaghag...)

Serius mode on nie. Curhatan2 semalem jelas banget bukan Cuma kita yang rasain, bisa jadi nie rasa yang ada di 5 regional. Terus terang aku juga sering ngerasain gitu boy. Coba aja bayangin, lha wong anak2 ’07 dah pada duduk2 di depan ruang dosen, ditanyain, “mau ngapain?”, jawabannya,”ini nih, konsul skripsi.” Terus dia balik nanya,”lha lu?”, gw bilang, “nie kuliah boy, 24 sks..” (Gubrak! Dalam ati)

Angkatan 07 masih kuliah 24sks. Wakakakak. Tuir nie tuir. Ya ampun. Ngeneslah jelas. Siapa juga yang ga ngenes. Dah ortu pensiun dan pingin anaknya cepet lulus biar ngurangin beban finansial mereka. Di kampus ketemu anak2 yang begitu tambah bikin tertekan. (jedukin kpala ke tembok..)

Cuma gini boy, menurutku kita ga perlu berkecil ati. Kenapa banyak orang ngerasa ga nyaman dan terasing, bukan semata-mata mereka lebih jelek atau lebih rendah. Tapi seringkali Cuma gara-gara mereka ‘berbeda’ di banding yang lain. That ‘different’ makes some feelin’ bad in ourself. Seringkali justru ‘perbedaan’ yang jadi kelebihan kita itu yang bikin kita minder dan seolah ngerasa jadi anak yang ga berguna dan ga bisa ngebahagiain ortu.

Lu salah boy kalo ngerasa begitu. Lu liat tu orang-orang gede and sukses. Mana ada sih yang nempuh jalan tol. Mereka pake jalan kerikil yang banyak durinya boy. Banyak rintangannya. Kadang ada pohon ngelintang jadi kagak bisa lewat, mesti nunduk deh, ngerayap2. Itu emang takdir orang gede boy. Yakin deh, lu liat tuh diujung sana. Dah disiapin emas 24 karat dengan berat 1kg tuh. Bayangin, 1 kg emas 24 karat tuh harganya 300juta kalo harga pasar sekarang.

Udah deh boy. Seringkali Allah emang pingin ngasih kejutan buat kita man. Tunggu aja, pasti bakalan kaget deh nerima hadiah segepok.

NYALA!!

.........

(Nie gw tulis pas dah selese ngadep Pak Irfan)

Bener kan, kejutan itu dateng tiba2. Sementara gua nunggu antrian konsultasi, ada kakak kelas di FEB yang tiba2 ngajak cerita.

“mau konsultasi skripsi mas?”, tanya dia, “iya nie mas”, kata gua... dan bla..bla..bla.. basa-basi yang biasa diucapin buat mendekatkan diri dan buat suasana cair.

Alhasil, gua tau dia udah setahun yang lalu lulus dan masih coba aplly di beberapa perusahaan. Dan dari dia juga aku dapet wejangan (yang pingin ku-share buat kalian yang membutuhkan, soalnya mungkin ada juga beberapa yang ga butuh dan beda pendapat)

Intinya, dari obrolanku dengan beliau, ada satu kesimpulan. JANGAN CEPET-CEPET LULUS. Kebalik logikanya?? Iyalah.. nie beberapa alasan tentang fakta akan dunia kerja:
  1. Perusahaan rata2 pingin fresh graduate yang Ipknya 3.00. So, perjuangin nie Ipk ampe ngelewatin batas ini. Kalo udah, aman, kalo belum, perbaikin.
  2. Perusahaan rata2 pingin fresh graduate yang maksimal kelulusannya 6 tahun. Artinya batas wajar kelulusan kita itu 5,5 tahun buat dunia kerja, dan 5 tahun buat dapetin cumlaude. Bukan 4 tahun boy.
  3. Perusahaan rata2 cuma mau nerima fresh graduate tanpa pengalaman jika si fresh graduater itu masih dalam jangka waktu 1 tahun sejak kelulusannya di ujian komprehensif. Dan jika ternyata fresh graduater berada dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun sejak kelulusannya di ujian komprehensif, maka perusahaan menginginkan pengalaman dari fresh graduater.
  4. Perusahaan mensyaratkan umur maksimal 26/27 untuk fresh graduater. So, jangan ampe melebihi umur ini.

Dengan berbagai pertimbangan di atas, ane jadi ngerubah strategi. Ane share ya, strategi ane adalah menyelesaikan skripsi secepatnya dan pendadaran secepatnya. Tapi ane nahan buat kompre, sampe ane dapetin kerja (mudah2an bisa). Jadi kalo dah dapet kerja, ane langsung ajuin tuh kompre. lulus langsung kerja. Dengan catatan, waktu penungguan ane pas antara pendadaran dan kompre itu ga melebihi jatah kuliah 5,5 tahun dan ga melebihi umur ane ampe 26/27. Mendingan gitu boy. Mendingan lu lulus lama tapi sebelum lulus dah dapet kerja. Daripada lu lulus cepet2 tapi setahun habis lulus kagak kerja2. Lebih sulit kondisinya. (Katanya beliau si kakak kelas)

Mungkin kondisi ini cocok buatku tapi ga cocok buat yang lain. Temen2 yang punya kondisi serupa bisa mulai membenahi pikiran dan diri untuk GA’ terus-terusan meratapi nasib. Allah gives all of us our own way. Ada yang lulus cepet dan dapet kerjaan bagus, ada juga yang lulus lama langsung dapet kerjaan bagus, ada juga yang belum lulus malah dah dapet kerjaan. So?? Mana yang bagus???

Sama2 bagus tho??? Tetep NYALA aj bung!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar